oleh

BNK dan Rutan Sidrap Sosialisasikan Program P4GN. Begini Harapan Kepala Rutan

SIDRAP, Refortase.com – Guna mendukung program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Sidrap menggandeng BNK dan Dinsos Sidrap melakukan Sosialisasi P4GN di Rutan Kelas IIB sidrap. Rabu (23/6/2021).

Kegiatan tersebut yang di hadiri Ketua BNK Sidrap, yang juga Wakil Bupati Sidrap, Ir. H. Mahmud Yusuf juga merupakan dalam rangka menyambut peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) pada 26 Juni mendatang.

Selain dilakukan sosialisasi P4GN, pihak rutan juga dilakukan Tes urine di Aula Rutan Kelas IIB Sidrap.

Ketua BNK Sidrap, sekaligus Wakil Bupati Sidrap, Ir. H. Mahmud Yusuf mengatakan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran narkoba harus ditingkatkan dan digalakkan bersama. “Peredaran obat terlarang itu telah mempengaruhi mental sekaligus pendidikan generasi muda kita,” Ujar Wakil Bupati Sidrap itu.

Sementara Kepala Rutan Kelas IIB Sidrap, Mansur S.Sos., M.Si mengatakan kegiatan tersebut merupakan wujud dan komitmen Rutan Sidrap terhadap pemberantasan penyalahgunaan Narkoba.

Mansur menyebut sekitar kurang lebih 80 % warga binaan Rutan Sidrap terjerat kasus narkoba. Sekedar diketahui, tes urine yang digelar terhadap pegawai tersebut melibatkan Tim Laboratirum RS Arifin Nu’mang. Adapun hasilnya, keseluruhan menunjukkan hasil negatif.

Tak hanya sampai disitu, lanjut Mansur, langkah-langkah yang telah dilakukan Rutan dalam pencegahan peredaran narkoba salah satunya dengan memaksimalkan penggeledahan badan dan barang pada siapapun yang akan memasuki area Rutan, serta penggeledahan kamar hunian secara rutin dan insidentil.

“Saya berharap kegiatan sosialisasi P4GN dan kerjasama antara Rutan dengan BNK dan Pemda ini dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan bagi pegawai, serta mampu memperkuat komitmen untuk tidak berurusan dengan Narkoba serta mampu menyebarluaskan informasi tentang bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba ini kepada keluarga maupun masyarakat luas,” Tutup Mansur.

Penulis : Narwadi
Editor : Uchy

Komentar