oleh

Bupati Indah Lantik 274 Anggota BPD di Lutra

Luwu Utara, Refortase.com — 274 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari Kecamatan Tanalili, Sukamaju Selatan, dan Mappedeceng resmi dilantik oleh Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Senin (21/10).

Menariknya, dari 274 orang tersebut banyak yang merupakan wajah lama dan merupakan mantan kepala desa.

“Banyak wajah lama dan banyak wajah baru, yang paling menarik saya menemukan anggota BPD adalah mantan kades. Ini mmbuktikan ada komunikasi yang baik dan nanti akan melahirkan kolaborasi yang baik untuk membangun desa. Kita percaya sesungguhnya pemikirannya kita butuhkan dan ini pemilihannya berproses,” ucap Indah saat memberikan sambutan.

BPD yang merupakan parlemen di desa, lanjut Indah, memunyai tiga fungsi.

“Membahas dan menyepakati rangcangan peraturam desa bersama kepala desa namun BPD jangan dinilai sebagai ‘pemberi stempel’. Menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat, juga melakukan pengawasan kinerja kades yang mengandalkan kemampuan check and balances namun perlu dipahami bahwa BPD bukan auditor, BPD berfungsi sebagai fasilitator bukan provokator,” terang Indah pada pelantikan yang dihadiri Pimpinan dan Anggota DPRD, Pj. Sekda, Forkopimda, dan para camat.

Terakhir, Indah meminta anggota BPD menerapkan filosofi susu full cream yang mampu merubah cita rasa dan warna desa lebih maju.

“Jangan mengaku sebagai anggota BPD milenial (yang memanfaatkan teknologi dalam pelayanan) jika pemanfaatan dana desa hanya berputar soal rabat dan plat duicker tapi tidak mampu menurukan angka kemiskinan,” kunci IDP.

Komentar