oleh

Bupati Lotim Harapkan Qasidah Dijaga Sebagai Seni Yang Kental Unsur Religi

Lombok Timur NTB – Untuk menggali potensi seni Qasidah di Lombok Timur, Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LASQI) Lombok Timur menggelar kegiatan festival bintang vokalis Qasidah bintang vokalis religi dan rebana klasik.
Kegiatan tersebut di buka Bupati Lombok Timur H.M Sukiman Azmy Dalam sambutannya, Bupati mengapresiasi prestasi Lasqi Lombok Timur.

Selain itu, Bupati juga mengapresiasi penyelenggaraan festival Qasidah yang dimaksudkan untuk menyaring potensi seni Qasidah yang selanjutnya akan di bina, dengan harapan dapat membawa harum nama Lombok Timur.
Dalam pelaksanaan lomba, Bupati mengingatkan agar sejumlah unsur menjadi perhatian dalam penilaian setiap peserta. Diantaranya pelajaran atau pendidikan yang ada dalam lagu yang dibawakan peserta, juga tidak mengandung syirik maupun maksiat.

Ditambahkannya, Pesan moral juga harus mendapat perhatian, demikian pula dari segi penampilan peserta yang mengutamakan tuntunan agama.
Pada kesempatan itu, Bupati sedikit mengulas sejarah Qasidah dalam perkembangan Islam, sehingga Lasqi diingatkan agar senantiasa menjaga Qasidah sebagai sebuah seni yang kental dengan unsur religi, Sementara itu, Ketua Umum DPD Lasqi Lombok Timur, Hj. Siti Kudsiyah Rumaksi menyampaikan terima kasih atas dukungan Pemda Lombok Timur terhadap perkembangan seni Qasidah. Apresiasi juga disampaikan kepada seluruh pihak atas keberhasilan dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Festival ini akan berlangsung selama dua hari, yaitu 3 dan 4 Agustus dengan peserta berasal dari perwakilan seluruh kecamatan. Pembukaan yang berlangsung di Pendopo Wakil Bupati itu dihadiri pula oleh sejumlah OPD lingkup Pemda kabupaten Lombok Timur, serta Kementerian Agama Lombok Timur. (win)

Editor: A2W

Komentar