oleh

Desa Talumae Mulai Susun RPJMDes

SIDRAP, Refortase.com – Pemerintah Desa Talumae, Kecamatan Watangsidenreng, Kabupaten Sidrap menggelar Musyawarah Desa (Musdes) untuk membahas penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) 2020-2026.

Kepala Desa Talumae Anton mengatakan, masyarakat harus ikut serta dalam membantu pihak desa untuk pelaksanaan pembangunan, demi terciptanya desa yang mandiri, tertib, bersih dan nyaman.

“Masyarakat harus ikut andil dalam kegiatan dan pelaksanaan di Desa Talumae ini” Ujar Anton.

Anton menjelaskan, dalam penyusunan RPJMDes akan di prioritaskan untuk pembangunan dan pemberdayaan, sesuai dengan visi dan misi dirinya.

Dalam pembahasan musyawarah Desa Talumae dan penyusunan rencana pembangunan jangka menengah desa, disepakati bahwa penggunaan tahun anggaran 2020 dibidang Dana Desa (DD) diprioritaskan untuk pembangunan Desa.

Kata dia, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Desa) adalah Rencana Kegiatan Pembangunan Desa untuk jangka waktu 6 (enam) tahun.

Dalam menyusun RPJM Desa, Pemerintah Desa wajib menyelenggarakan musyawarah perencanaan pembangunan Desa secara partisipatif yang diikuti oleh Badan Permusyawaratan Desa dan unsur masyarakat Desa.

“Rancangan RPJM Desa paling sedikit memuat penjabaran visi dan misi kepala Desa terpilih dan arah kebijakan perencanaan pembangunan Desa dengan memperhatikan arah kebijakan perencanaan pembangunan kabupaten/kota, RPJM Desa disusun dengan mempertimbangkan kondisi objektif Desa dan prioritas pembangunan kabupaten/kota. RPJM Desa ditetapkan dalam jangka waktu paling lama 3 (tiga) bulan terhitung sejak pelantikan kepala Desa”, tuturnya.

Penulis : Adhy

Komentar