oleh

Di Pesta Panen Mappadendang, Suardi Saleh Ingatkan Pentingnya Prokes

BARRU, SULSEL – Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si menghadiri Pesta Panen Mappadendang di Dusun Lapao, Desa Binuang, Kecamatan Balusu, Kamis (30/9/2021).

Mappadendang atau yang lebih di kenal dengan sebutan pesta pasca panen pada suku Bugis merupakan suatu pesta syukuran atas keberhasilannya dalam panen padi kepada yang Maha Kuasa, upacara mappadendang ini di lakukan oleh masyarakat Binuang dengan cara menumbuk padi di lesung (Palungeng) dengan (Alu) sebagai penumbuk.

Dalam sambutannya Bupati Barru H. Suardi Saleh mengapresiasi acara ini karena salah satu program dalam bentuk pelestarian nilai-nilai seni dan budaya dan saya kira contoh untuk menumbuhkan kebersamaan khususnya dalam melestarikan nilai seni dan budaya.

Nilai lain yang bisa kita tumbuhkan di dalam kehidupan masyarakat kita adalah nilai gotong royong yang dilakukan secara ikhlas untuk mewujudkan acara mappadendang ini serta nilai kesyukuran kepada Allah SWT atas keberhasilan dalam pertanian.

“Saya kira kegiatan seperti ini perlu terus dilestarikan karena mengandung nilai-nilai budaya yang tinggi untuk kita wujudkan dalam kehidupan masyarakat kita”ujarnya

Diakhir sambutannya Bupati kembali mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan kendati saat ini kondisi Covid 19 di Barru sudah melandai.

Kepala Desa Binuang Andi Hendra melaporkan bahwa acara mappadendang ini merupakan agenda tahunan di gelar di Saoraja

“Kami atas nama Pemerintah dan masyarakat Desa Binuang menyampaikan terima kasih atas kehadiran bapak Bupati pada acara mappadendang ini, semoga di tahun berikutnya acara ini semakin meriah dengan dukungan dari semua pihak” ujar Kepala Desa

Turut dihadiri Anggota DPRD Barru Syahrul Ramdhani, Kepala Kesbanpol, Ir. Nursalam Kepala Dinas Kominsta Syamsuddin S.IP, M.Si, Kepala Dinas PMD,PKB,PPPA Jamaluddin S.Sos, MH, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Andi Takdir, S.E, Kepala Dinas Ketahanan Pangan drh. Ma’ruf, Camat Balusu Andi Ika Syamsu Alam. (Ril)

Edito: A2W

Komentar