oleh

Dinas Koperasi Sosialisasi Akses Permodalan melalui LPDB-KUMKM

SIDRAP – Upaya Pemerintah Kabupaten Sidrap dalam mensejahterakan masyarakat terus dilakukan. Hal itu terlihat saat Dinas koperasi UKM, Tenaga Kerja dan transmigrasi melakukan sosialisasi akses permodalan atau pembiayaan tahun 2019 di Aula Dinas Koperasi UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten Sidrap. Kamis (14/11).

Kepala Dinas Koperasi UKM, Tenaga Kerja dan transmigrasi, Andi Safari Renata S IP.M.Si saat membuka acara bahwa kegiatan ini dilakukan untuk membantu para UMK atau masyarakat  dalam mendapatkan modal usaha. 

“Dinas Koperasi memfasilitasi masyarakat atau pelaku usaha untuk mendapatkan akses permodalan melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM).

Hal itu dilakukan untuk menumbuh kembangkan potensi ekonomi masyarakat. maka, pemerintah kabupaten Sidrap telah memberikan kemudahan dalam memperoleh dana permodalan bagi UKM agar dapat meningkatkan produktivitas dan daya saing.

Sementara Pihak LPDB-KUMKM cabang Makassar, Andi Fahrul Risal mengaku bahwa sosialisasi ini merupakan langkah untuk memberikan pemahaman dan berbagai informasi mengenai akses pembiayaan, baik melalui LPDB-KUMKM maupun perbankan yang menjadi mitra LPDB-KUMKM.

LPDB itu menyederhanakan kriteria dan persyaratan pengajuan pinjaman dana bergulir. Andi fahrul menjelaskan, bahwa syarat pengajuan pinjaman dana bergulir, yakni membuat surat permohonan, proposal, memiliki akta pendirian dan pengesahan, laporan keuangan yang jelas, laporan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan legalitas perusahaan, pengurus, pengawas dan pengelola.

Sedangkan suku bunga LPDB meliputi program nawacita 4,5 persen (pertanian, perikanan, perkebunan), sektor riil 5 persen (KUMKM sektor manufaktur, kerajinan, industri kreatif), simpan pinjam 7 persen (koperasi simpan pinjam, LKB, LKBB dan BLUD).

Penulis : Bahar
Editor : Adhy

Komentar