oleh

Dorong Percepatan Pupuk Bersubsidi, Komisi II DPRD Wajo Kunker di PT Petrokimia Gersik

MAKASSAR, Refortase.com – Anggota DPRD Kabupaten Wajo dalam hal ini Komisi II melakukan kunjungaan kerja di PT. Petrokimia Gersik Distributor Center II Makassar. Tujuanya, guna mendorong Percepatan pengadaan Pupuk bersupsidi di Kabupaten Wajo dalam rangka memasuki musim tanam di bulan Juni 2020 ini.

Kunjungan Komisi II ini sebagai tindak Lanjut dari Aspirasi pelaku Kelompok Tani dan PPL di lapangan setelah komisi II melakukan kunjungan lapangan sebelumnya di tiga kecamatan, Belawa, Majauleng dan Sajoangin.

“Nah salah satu Aspirasi yang banyak di keluhkan adalah terkait dengan pengadaan pupuk petani secara tepat waktu berdasarkan waktu tanam,” Ujar Sudirman Meru.

Rombongan Komisi II yang dipimpin Langsung oleh Ketua Komisi II, H Sudirman Meru didampingi Kadis Pertanian Kabupaten Wajo IR. Muh. Ashar dan diterima langsung oleh Kepala Pergudungan PT. Petrokimian Gresik Wilaya Sulselbar di Makassar, Ahmadi didampingi oleh Kordinator Wilayah Bone, Soppeng, Wajo, Budi.

Berdasarkan data kouta pupuk dari Dinas Pertanian Wajo tahun 2020 Bahwa pupuk urea 21.821 Ton terealisasi sampai Mei 15.463 Ton (70.86%), ZA 3.157 ton terealisasi 1.496 ton (47,40%), SP36 2.430 ton terealisasi 1.831,50 ton (75,37%) dan NPK 14.885 ton terealisasi sampai Mei 6.419,80 ton (43,13%).

Kebutuhan Pupuk oleh petani di samping Pupuk Urea, SP36, ZA. KCL, ZK dan NPK PHONSKA juga Dolomite. Tergantung dari pilihan dan petunjuk PPL setempat. Untuk itu Komisi II meminta supaya pupuk bersubsidi yang di tangani PT. Petrokimia Gersik secepatnya didistribusikan di Wajo dibulan Juni 2020.

“Petani di Wajo saat ini sangat membutuhkan pupuk tersebut. Pasalnya, Penanaman di Wajo sudah mencapai kisaran 70-90% tanam,” Kata Sudirman Meru.

Sementara pihak PT. Petrokimia menyatakan bersedia mendistribusikan secepatnya pupuk tersebut. Tinggal pengawasan pendistribusiaanya ditingkat distributor dan Agen yang perlu dicermati supaya dapat berjalan dengan lancar.

Penulis : Sarkodes
Editor : Adhy
Sumber: Komisi II DPRD Wajo

Komentar