oleh

DPRD Wajo Kunjungi Unhas

WAJO, Refortase.com – Komisi II DPRD Kabupaten Wajo melakukan kunjungan kerja ke Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar Jumat kemarin.

Rombongan Komisi II DPRD Wajo tersebut dipimpin wakil ketua Komisi II, Drs H. A. Witman Hamzah, turut mendampingi kepala dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Wajo, Ir. Naspari.

Rombongan Komisi II DPRD Wajo diterima oleh Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan Unhas Makassar, Dr.Ir. Aisyah Farhum, M.Si yang didampingi peneliti, Dr. Kasmiati, Msc, dan sejumlah guru besar Unhas, Dr. Ir, Khusnul Yakin, M.Sc; Prof. Ir. Budimawan, DEA, Dr. Gunarto Latama M.Sc, Dr. Ahmad Faisal, M.Si dan Prof. Andi Iqbal Burhanuddin.

Ketua Komisi II DPRD Wajo, Ir. H. Sudirman Meru, mengatakan, kunjungannya ke Fakultas Kelautan Dan Perikanan Unhas Makassar, untuk membahas hasil kajian dan penelitian tentang kelayakan ikan sapu-sapu Danau Tempe Kabupaten Wajo.

“Kami berkunjung ke Unhas untuk mengetahui hasil penelitian, apakah ikan sapu-sapu layak dimakan atau tidak,” ujar Sudirman.

Dari hasil penelitian yang dilakukan Mahasiswa Fakultas Kelautan dan Perikanan Unhas Makassar, lanjut Legislator PAN ini, disimpulkan bahwa, ikan sapu-sapu Danau Tempe tidak beracun dan bisa kelola dan dimanfaatkan.

Saat ini, sebut Sudirman, masyarakat beranggapan jika ikan sapu-sapu mengandung racun, sehingga perlu ada edukasi untuk merubah pemahaman tersebut, kandungan logam beratnya masih sangat rendah dibawah ambang batas.

Justru pada tulang dan kulitnya mengandung gelating yang dapat berguna untuk tubuh manusia. Jadi Kalau dulu ikan sapu-sapu dianggap masalah, maka pada masa yang akan datang akan menjadi potensi ekonomi bagi masyarakat kabupaten Wajo,” pungkasnya.

Anggota Komisi ll DPRD Wajo, Herman Arief menambahkan salah satu rencana nantinya dari hasil kunjungan tersebut di Unhas Makassar, itu kedepan nantinya akan dijajaki kerjasama dengan pihak Pemkab Wajo dan pihak Unhas berkaitan dengan pemanfaatan dan potensi ikan sapu sapu yang banyak terdapat di Danau Tempe Wajo agar nantinya ini nanti bisa dikelola dan bisa menghasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat serta dapat dimanfaatkan atau dikomsumsi.Ucapnya


Komentar