oleh

Fokus Pelayanan Desa, Disdukcapil Mateng Luncurkan Program “LASALMAN”

MATENG, Refortase.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) terus melakukan terobosan-terobosan baru. Kali ini, Melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) meluncurkan terobosan barunya yang dinamai Inflementasi Aksi Perubahan Semalam di Desa Pelayanan Dokumen Kependudukan (LASALMAN).

Program LASALMAN di Desa merupakan pelayanan dokumen kependudukan kepada masyarakat dengan layanan Birokrasi yang Bersih dan Melayani (BBM) pemerintahan yang responsif, berdaya saing, cepat dan tepat sesuai sasaran dan mengcover layanan untuk semua lapisan masyarakat yang notabenenya petani yang tidak dapat layanan pada siang hari dikarenakan masyarakat lebih memilih di kebun.

LASALMAN merupakan inovasi layanan yang berbasis IT (online) melalui layanan mobile service di setiap desa yang ada di 5 kecamatan, dimana kegiatan ini di koordinasikan dengan bidang informasi terkait layanan di desa pada malam hari agar para petani yang bekerja pada siang hari dapat mendapatkan pelayanan dokumen kependudukan mereka pada malam hari.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Mamuju Tengah melalui kepala bidan PIAK dan Pemanfaatan Data Kependudukan, Irawati mengaku tujuan tersebut diluncurkan guna memberikan kemudahan pelayanan terhadap masyarakat Mamuju Tengah.

Irawati mengaku pelayanan yang diberikan ke masyarakat masih dianggap kurang maksimal oleh masyarakat. Bahkan, sebagian masyarakat tidak memahami secara pasti tentang pelayanan yang diberikanya yang sesuai dengan prosedur yang baku oleh Pemerintah.

“Kami menyadari belum bisa memenuhi harapan masyarakat yang kaitanya dengan kepuasan. terlebih juga yang biasa menjadi kendala, karena masyarakat sering kali enggan mengadukan apabila menerima pelayanan yang buruk, bahkan hampir pasti mereka pasrah menerima pelayanan seadanya,” Ujarnya, Ahad (09/05/2021).

Kenyataan seperti itu, Lanjut Irawati menjelaskan membuat pihaknya terdorong oleh sifat public goods menjadi monopoli Pemerintah khususnya dinas/instansi Pemerintah Daerah dan hampir tidak ada pembanding dari pihak lain.

Praktek seperti itu kata dia dianggap menciptakan kondisi yang merendahkan posisi tawar dari masyarakat sebagai penggunan jasa pelayanan dari Pemerintah. Sehingga memaksa masyarakat mau tidak mau menerima dan menikmati pelayanan yang kurang memadai tanpa protes.

Dijelsakannya bahwa, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Mamuju Tengah merupakan salah satu Perangkat Daerah yang memberikan pelayanan administratif kependudukan dan pencatatan sipil kepada masyarakat yang seharusnya lebih efektif, efisien, responsif dan akuntabel. (ST)

Komentar