oleh

Jelang Hari H Pilkades Serentak Selasa Esok Sekretariat DPRD Diskusi Publik

SENGKANG, REFORTASE.com – Jelang hari H pelaksanaan Pilkades serentak yang akan di helat pada Selasa esok 25 Mei 2021 untuk pelaksanaan 103 desa dari 142 desa yang ada di Kabupaten Wajo, pihak Sekretariat DPRD Wajo melaksanakan kegiatan diskusi publik terkait soal demokratis desa demi mewujudkan pemilihan kepala desa yang jujur dan adil.

Dalam kegiatan diskusi publik tersebut beberapa penanya yang diberikan kesempatan antaranya Andi Muspida dari Lembaga Join Kabupaten Wajo, Haji Rukman Nawawi Ketua PWI Wajo dan Andi Munir dari aktivis Sumpunglolo sedikit menyanyangkan atas lambatnya kegiatan ini dilaksanakan dan juga menyanyangkan kegiatan diskusi publik ini yang seharusnya menjadi tupoksi pihak Pemkab dalam hal ini instansi dinas PMD Kabupaten Wajo malah tidak dihadiri oleh OPD terkait.

Dan seharusnya kegiatan ini dilaksanakan jauh hari sebelum pelaksanaan Pilkades serentak yang akan dilaksanakan Selasa esok yang seharusnya jauh hari dilaksanakan agar bisa saling memberikan masukan saran atau kritikan untuk mencarikan jalan solusi terbaik dan agar bisa adanya regulasi aturan yang bisa mengatur akan pelaksanaan Pilkades ini bisa ada kejelasan aturan aturanya.

Acara dilaksanakan diruang aspirasi DPRD Wajo dan dibuka oleh Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Wajo, Andi Zenurdin Husaini, kalau kegiatan ini merupakan kegiatan Sekretariat DPRD Kabupaten Wajo, dan berharap kegiatan ini bisa meransang Pilkades yang adil jujur dan aman harapnya dan dihadiri sejumlah aktivis LSM, media, dan pihak komisi l DPRD Wajo.

Hal senada juga diucapkan oleh Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Wajo, H. Ambo Mappasessu, bagaimana bisa Pilkades Jujur aman dan damai dan mengatakan bahwa perlu adanya perubahan dalam Pilkades, karena ada pelanggaran tapi tidak ada sanksi atau aturan yang jelas dan itu tugas kami nanti,” ucapnya

Selain itu secara pribadi juga Haji Ambo Mappasessu juga sependapat kalau kegiatan ini sebenarnya dilaksanakan jauh hari sebelum hari H Pilkades dan juga seharusnya pihak instansi terkait PMD Wajo harusnya hadir karena ini merupakan tupoksi dari PMD yang berkaitan dengan masalah pemerintahan desa.Tambahnya

Sebagai moderator dalam cara tersebut, H. Ardiansyah Rahim, mengucapkan bahwa kegiatan ini dalam rangka menyonsong hajatan Pilkades serentak di 103 Desa di Kabupaten Wajo, dengan Narasumber Sudirman, SH, dan Bakri

“Saya sangat sependapat dengan Narasumber, Sudirman, kalau peraturan Pilkades di Wajo, sangat perlu dirubah, karena ada pelanggaran tidak sanksi yang diberikan, dan nanti itu mejadi tugas kami di Komisi I DPRD Kabupaten Wajo,” terangnya. (Erwin)

Editor: NRW

Komentar