oleh

Kapolsek Watang Pulu Beri Tips Sanitasi Pada Peternak


SIDRAP, Refortase.com – Berbagai upaya yang dilakukan Kapolsek Watang Pulu, IPTU Zakariah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Khususnya di wilayah hukumnya kecamatan Watangpulu, Sidrap. 


Meski dikategorikan super sibuk dalam kegiatan kedinasannya, Namun Mantan Kanit Lantas Polres Sidrap itu tetap meluangkan waktu untuk masyarakat. Khususnya peternak. Rabu (30/10/2019) Pagi.


Saat itu, IPTU Zakariah menyambangi salah satu peternak di Watangpulu. Zakariah mengatakan pada sistem peternakan  yang perlu diperhatikan dari perawatan mulai dari pemberian pangan yang rutin hingga Kebersihan kandang.

“pada dasarnya hewan yang halal adalah mata rantai makanan pada manusia. Dimana masing-masing individu sangat peduli terhadap kesehatan dan kebersihan hewan yang akan dikomsumsinya,” ucap Kapolsek.

Lebih lanjut, IPTU Zakariah mengimbau kepada peternak untuk menerapkan sanitasi yang merupakan sebuah program kebersihan bertujuan untuk mencegah masuk dan perpindahan bibit penyakit yang menyerang ternak. 


Cara yang dilakukan biasanya adalah pengasapan dan penyemprotan. Biasanya, sanitasi wajib dilakukan sebelum hewan ternak masuk ke dalam kandang baru. 
Tujuannya adalah untuk mematikan bibit-bibit penyakit yang ada di dalam kandang baru tersebut. Secara berulang Kapolsek mengatakan kepada peternak agar selalu menjaga kebersihan, mulai dari kebersihan lingkungan dan alat yang gunakan. 


Pengolahan makanan yang baik yang pada prinsipnya adalah pengendalian higienitas untuk menghindarkan diri dari penyakit yang terbawa oleh makanan di tiap rantai produksi pangan.


Terakhir Kapolsek Watang Pulu mengingatkan kepada peternak agar senantiasa menjaga ternaknya, jangan sampai terlepas dan keluar kandang yang dapat menganggu atau merusak tanaman orang lain. 


Selain itu, guna menghindari pencurian hewan ternak, Kapolsek mengimbau agar hewan ternak selalu dipantau. Jika perlu pasang CCTV untuk mempermudah pemantauan di sekitar kandang.

Penulis : Baharuddin

Editor : Adhy

Komentar