oleh

Kejati Sulsel Sita Aset Tersangka Kredit Fiktif Bank Sulselbar Bernilai Puluhan Milyar

MAKASSAR, Refortase.com – Tim Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Selatan melakukan penggeledahan dan penyitaan barang bukti hasil pemberian Kredit Usaha Mandiri (KUM) dan Kredit Usaha Lainya (KUL) yang secara fiktif oleh Bank Sulselbar cabang Bulukumba.

Kepala penerangan Hukum Kajati Sulsel Andi Idil mengatakan kredit tersebut terjadi tahun 2016 sd/ 2021 dengan kerugian negara kurang lebih Rp 25 Milyar.

Mantan Kasi Pidum Kajari Parepare itu menyebut hasil penggeledahan barang bukti yang disita pada dua lokasi yang berbeda milik tersangka IRR yakni Di Bulukumba dan Kota Makassar.

Adapun barangbukti yang berhasil disita antra lain sepeda Motor X Max, CBR 250, pick Up grand max. Selain kendaraan, Tim Kejati Juga menyita sebuah bangunan Cafe Carwash, Vape Store, Percetakan dan Salon serta sebuah rumah.

Idil mengaku Barang sitaan tersebut dirampas dari tangan dr. Ayu Yuandini selaku CEO Labissa Group. Ayu Yuandini juga diketahui selaku adik kandung dari tersangka IRR.

“Benda tidak bergerak dilakukan penyitaan setelah ada penetapan penyitaan dari Pengadilan Tipikor pada pengadilan Negeri Makassar,” ujar Idil.

Aset tersangka yang disita Lebih lanjut Idil menjelaskan aja dilakukan penaksiran atau taksasi oleh Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) guna diperhitungkan sebagai penyelamatan kerugian keuangan negara.

Penulis : Narwadi
Editor : Adhy

Komentar