oleh

Komisi II Wajo Kunjungi BPTP Sulsel

WAJO, Refortase.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wajo dalam hal Komisi II mengunjungi Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Propinsi Sulsel.

Ketua Komisi II Sudirman Meru yang juga memimpin kunjungan tersebut bersama anggota komisi II lainnya diantaranya, Asrijaya A. Latief, A. Witman Hamzah, H. Suriadi Bohari, HA. Rasyadi, Mursalin, Herman Arief, A. Bakti Werang dan A. Sarwan.

Sementara turut mendampingi, Kadis Pertanian Wajo, Ir. Ashar dan Kepala Bidang Penyuluhan, Burhanuddin Kepala Seksi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian, Suryanti Ali, S.Hut., M.Si dan DR. Ir.Muslimin, MP (Peneliti BPTP) yang menerima romobngan tersebut menyambutnya dengan baik
. “Terimah kasih atas kunjunganya para Dewan terhormat dan pihak pemda Wajo,” Ujar Suryanti.

Kunjungan tersebut terkait tentang Program Kementerian Pertanian RI yakni KONSTRATANI (Komando Strategi Pertanian) yg diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 49 Tahun 2019

Salah satu Anggota Komisi II DPRD Wajo, Asri Jaya A. Latief (AJL) mengaku kunjunganya itu merupakan untuk membangun ekosistem pertanian lewat digital. “Alhamdulillah program Konstratani di Kabupaten Wajo mendapat dukungan dari Kementerian Pertanian melalui BPTP dari 14 Balai Penyuluh Pertanian (BPP) dan yang sudah mendapatkan bantuan peralatan IT yaitu sudah 5 BPP,” Ujar AJL sapaan akrabnya Asri Jaya Latief.

Pada diskusi yang digelar di Kantor BPPTP itu Jajaran Komisi II meminta BPTP untuk terus mendukung BPP Wajo dengan melengkapi sarana dan prasarana yang berbasis digital. Karena BPP merupakan ujung tombak pembangunan pertanian.

Melalui program konstratani, diharapkan pertanian memiliki SINGLE DATA baik luasan areal, musim tanam, cuaca serta kelembagaan petani sehingga lebih mudah dalam mengambil kebijakan terhadap pembangunan pertanian di Kab. Wajo yang mempunyai potensi pertanian yang cukup menjanjikan kesejahteraan petani.

Disamping itu, pak AJL jg meminta kepada BPTP terkait pengembangan SDM Petani dan mengajak MILENIAL untuk terlibat dalam pembangunan pertanian yang berbasis digital baik di hulu maupun di hilir.

DPRD dan Pemerintah Daerah Kab
Wajo siap mendukung program Kementerian Pertanian dalam Pembangunan Pertanian
Harapan kita semua, Sektor Pertanian dapat menjanjikan kesejahteraan, tidak menjanjikan kemiskinan.

Penulis : Sarkodes
Editor : Adhy

Komentar