oleh

Larangan Mudik Bunuh Mata Pencarian Sopir

MAKASSAR, Refortase.com – Kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah tentang larangan mudik 2021 tentu banyak berimbas ke Masyarakat. Terutama sopir daerah. Hal itu disampaikan salah satu sopir daerah tujuan Makassar-Sidrap, Taupik (32).

Taupik mengungkapkan tentang kegelisahan dan permasalah dirinya. Kondisi ekonomi di tengah pandemi ini memang berimbas ke berbagai sektor. Terutama para sopir daerah.

Sejak diberlakukanya larangan mudik 2021, sektor transportasi yang akan terkena dampak paling signifikan. Taupik mempertanyakan kenapa harus mengorbankan kaum mereka, dalam hal ini buruh sopir.

Pada kenyataanya selama pandemi, pendapatan sopir daerah memang menurun. Ditambah lagi dengan adanya larangan mudik yang imbasnya tentu tidak akan terjadi mobilitas orang dari satu kota ke kota lainnya.

Sopir ini mengungkapkan tentang curhatannya dalam mencari nafkah. Maka keluarganya akan kesulitan menghadapi idul fitri. ” menjelang lebaran kan, keluarga itu sangat butuh yang namanya uang,” Ujar dia.

Taupik hanya berharap agar pemerintah mengeluarkan kebijakan terhadap sopir. Khususnya sopir daerah. Agar mata pencaharian kami tidak terganggu.

Komentar