oleh

Nelayan Temukan Alat Pengintai di Perairan Selayar

JAKARTA, Refortase.com – Seorang nelayan menemukan sebuah benda asing berbentuk rudal dan mirip kapal nirawak (drone) di laut Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

Benda tersebut ditemukan seorang nelayan, Saeruddin (60), yang tengah berlayar di laut Kepulauan Selayar untuk memancing ikan.

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) memastikan benda tersebut bukan miliknya.TNI AU memastikan hal tersebut setelah melakukan konfirmasi ke Pangkalan Udara (Lanud) Hasanuddin.

“kita sudah koordinasi dan konfirmasi ke lanud terdekat yang ditemukan objek yaitu Lanud Hasanuddin di Makassar,” kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsekal Pertama (Marsma) Indan Gilang Buldansyah saat dimintai konfirmasi, Senin (28/12/2020).

“Jadi kita bisa pastikan benda tersebut bukan bagian dari pesawat yang beroperasi di Lanud HND (Hasanuddin). Kita pastikan bukan material TNI AU, kan di HND ada Sukhoi, dan itu bukan bagian dari pesawat tersebut,” kata dia.

“Bukan drone kita (juga),” imbuh Marsma Indan.

Disebutkan bahan utama pada drone tersebut terbuat dari aluminium. Pada drone itu terdapat 2 buah sayap di sebelah kiri dan kanan yang masing-masing panjangnya 50 sentimeter (cm).

Panjang bodi drone tersebut diperkirakan 225 cm, ekornya 18 cm, ada antena belakang 93 cm, serta terdapat benda mirip kamera yang terletak di area bodi. AKBP Temmangnganro menyebut benda tersebut ditemukan di area Kecamatan Pasimarannu, Selayar, pada Sabtu (26/12) lalu.

Komentar