oleh

Pelaku Penipuan Bermodus Minta Sumbangan Masjid di Hukum Sanksi Sosial

PINRANG, Refortase.com – Seorang pemuda di Kabupaten Pinrang yang diketahui bernama Andri Awan (29) sempat greget saat berurusan dengan aparat kepolisian Kabupaten Pinrang sulsel.

Andri Awan sempat diamangkan di Polres Pinrang lantaran ulahnya yang melakukan penipuan dengan modus minta sumbangan pembangunan Masjid melalui profosal.

Saat di introgasi oleh pihak kepolisian, Pelaku mengakui perbuatanya. Atas perbuatannya, Andri dikenakan sanksi sosial berupa perekaman dan penyebaran video pengakuan serta permintaan maaf dari pelaku. Serta dikembalikan kepihak keluarga untuk dilakukan proses pembinaan.

Kasat Reskrim Polres Pinrang, AKP Dharma Negara mengaku Andri ditangkap oleh Tim Crime-Fighters Resmob Polres Pinrang di BTN Sekkang Mas, Bentengnge Kecamatan, Watang Sawitto, Pinrang pada Minggu 1 November 2020 kemarin.

Dia meminta sumbangan di rumah-rumah warga sambil membawa profosal fiktip terkait rinciang biaya pembangunan jembatan masjid Al Ihsan.

“Dia meminta sumbangan di rumah-rumah warga sambil membawa profosal terkait biaya pembangunan jembatan masjid,” kata Dharma, Selasa 3 November 2020.

Perbuatan pelaku terungkap saat masyarakat memberikan informasi terkait adanya peminta sumbangan masjid dengan gelagat yang mencurigakan.

Pihak kepolisian mengkonfirmasi panitia masjid Al Ihsan soal kebenaran surat atau proposal pembangunan jembatan masjid. Namun panitia mesjid membantah adanya profosal pembangunan masjid tersebut.

“petugas langsung ke lokasi kejadian, di BTN Sengkang Mas, dan mengamankan pelaku. Dan Barangbukti berupa profosal serta uang tunai Rp206 ribu rupiah” Katanya.

“Sanksi ini agar kedepannya tidak ada lagi oknum-oknum yang mengatasnamakan masjid maupun instansi-instansi lain untuk meminta sumbangan liar kepada warga. Jika ditemukan kembali, maka akan dilakukan penegakan hukum,” tegasnya.

Penulis : Adhy
Editor : Eka

Komentar