oleh

Pemda Lotim Guru Honorer Di Prioritaskan Untuk PPPK Tahun Ini

Lombok Timur NTB – Rencana pengangkatan Tenaga Honorer menjadi Pegawai Pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) P3K, di Lombok Timur segera akan dilakukan. Anggarannyapun akan mendapatkan suport tambahan dari Pemerintah Pusat. Hal ini diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Timur HM.Juaini Taofik, usai melantik beberapa pejabat. Rabu (03/08/2022).

Dikatakannya, dengan adanya suport tambahan dari pusat, tentunya tidak akan terlalu mengganggu struktur Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), sehingga tidak mempengaruhi rencana pembangunan yang sudah ditetapkan, baik fisik maupun non fisik.

“Pak bupati sangat berharap banyak yang diangkat jadi PPPK, namun kita dibatasi dengan rambu-rambu kemampuan keuangan daerah,” ujarnya.

Adapun jumlah tenaga honorer yang akan mengikuti seleksi tahun ini kurang lebih 2.198 orang dan sudah mendapatkan passing grade pada seleksi sebelumnya, sekda menjelaskan, penggajian untuk tenaga PPPK ini bersumber dari APBD, yaitu Dana Alokasi Umum (DAU), yang diperkirakan akan keluar pada bulan november, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK).

“Setelah dana ini keluar, baru nanti kita bisa mengetahui berapa dana DAU yang akan diberikan oleh Pemerintah Pusat,” ungkapnya.

Ditanya terkait bagaimana kedepannya bagi tenaga honorer yang tidak lulus seleksi PPPK. Sekda mengatakan itu merupakan kebijakan dari kepala Daerah, namun kepala Daerah tentu mempunyai solusi bagaimana nanti mengatur hal ini, dan harus menunggu bagaimana tahapannya satu persatu.(win)

Editor: A2W

Komentar