oleh

Pemkab Barru Sosialisasikan Perbub Nomor 47 Tahun 2020

BARRU, Refortase.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Barru, melalui Sekda, DR. Ir. Abustan, mensosialisakan Peraturan Bupati Bupati (Perbub) nomor 47 tahun 2020 yang menjadi turunan dari dari Permendagri Nomor 18 Tahun 2018.

Sosialisasi Perbup tersebut disampaikan Sekda Barru, Dr. Ir. Abustan secara vitual, di Barru Sistem Information Center (Basic) Lantai II Kantor Bupati Barru, pada Jumat (8/1), dan diikuti oleh para Camat, Kepala Desa dan Lurah ke Kabupaten Barru.

Sosialisasi tersebut, bertujuan untuk lebih memberikan pemahaman kepada para Kepala Desa/Lurah tentang peran, tugas dan fungsi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD).

Dalam Sosialisasi itu, Sekda Abustan menjelaskan, Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD) dalam Permendagri 18 tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa adalah wadah partisipasi masyarakat, sebagai mitra Pemerintah Desa, ikut serta dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan, serta meningkatkan pelayanan masyarakat Desa.

” Kami berharap dalam pengurus LKD dan LKK., agar masyarakat mampu dilibatkan dengan baik yang ditetapkan dengan keputusan Kepala Desa dan LKK melalui Keputusan Camat dengan masa jabatan 5 tahun,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Abustan juga menyampaikan hal terkait meningkatnya kasus terkonfirmasi positif Covid-19. Dirinya meminta kepada para Kepala Desa/Lurah untuk mengaktifkan kembali satgas covid disetiap desa/kelurahan. Termasuk kader Posyandu agar bisa membantu untuk mengedukasi masyarakat yang ada di Desa/Kelurahan.

“Satgas Covid di desa dan kelurahan agar diaktifkan kembali. Pantau pusat keramaian termasuk penerapan protokol kesehatan. Tetap memberikan edukasi kepada masyarakat terkait vaksin yang sudah mendapatkan label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) . Tingkatkan kewaspadaan dari segala bencana mengingat musim hujan,” ujar Abustan, yang juga selaku Sekretaris Satgas Covid19 Kabupaten Barru. (Mahmud Rahim)

Editor: A2W.

Komentar