oleh

Pemkab Mateng Bahas Pemanfaatan Jaringan Air Baku Bendungan Budong-Budong

MATENG, Refortase.com – Pemerintah Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) membahas sekaligus melakukan penandatanganan Pemanfaatan Jaringan Air Baku Bendungan Budong-Budong di Aula Kantor Bupati Mamuju Tengah, Senin (24/5/2021).

Asisten II, Pemkab Mamuju Tengah, Rajab menuturkan bahwa dalam pertemuan tersebut pemerintah pusat, propinsi dan Kabupaten sepakat dengan rencana jaringan air baku dan pemanfaatannya untuk air bersih pada area layanan kecamatan tobadak, kecamatan Topoyo, kecamatan budong- Buding dan kecamatan pangale.

Selain itu pemerintah pusat juga menyetujui konsep perencanaan pengembangan air baku yang di inisialisasi Balai Wilayah sungai Sulawesi III Palu dari Bendungan Budong-Budong.

Sementara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) provinsi dan Pemkab tentu mendukungan program sesuai fungsi dan wewenang rencana pemanfaatan air baku dari bendungan budong- budong.

Balai Sungai Wilayah IIIPpalu akan melaksanakan pembangunan jaringan PPA transmigrasi untuk konsep ke 2 pemenuhan air baku dari bendungan budong-budong.

Balai prasarana pemukiman wilayah provinsi Sulbar akan membangun IPP baru dan rencana pengembangan IPP eksisting serta perencanaan pembangunan jaringan distribusi utama berdasarkan usulan pemerintah kabupaten Mamuju tengah, untuk memanfaatkan baku dari bendungan budong-budong.

Peningkatan koordinasi antara balai- balai kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat terkait rencana pembangunan dan perizinan rencana pemanfaatan air baku dari bendungan budong-budong.

Turut hadir Dinas lingkungan hidup provinsi Sulawesi Barat, Dinas PU provinsi Sulawesi Barat, Balai Sungai Wilayah Sulawesi III Palu, Bappeda Mamuju Tengah, Dinas PU Mamuju Tengah, camat se-kabupaten Mamuju Tengah dan PDAM. ( St)

Komentar