oleh

Pemkab Wajo dan UIT Teken MoU

WAJO, Refortase.com – Pemerintah kabupaten wajo bersama Universitas Indonesia Timur (UIT) melakukan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) terkait pelaksanaan program Pengembangan tri dharma perguruan tinggi. Kamis (5/8/2021).

Salah satu program yang diperkenalkan adalah program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Program ini memberi harapan kepada lulusan SMA atau sederajat yang ingin melanjutkan ke bangku kuliah, tetapi terkendala masalah biaya.

Rektor UIT, Andi Maryam, menjelaskan KIP Kuliah adalah program dari Kementerian Pendidikan, Riset, dan Teknologi Indonesia yang memberikan beasiswa kepada lulusan SMA atau sederajat mulai dari semester I hingga VIII. KIP Kuliah ini yang diterima adalah lulusan 2019, 2020, dan 2021. UIT bekerja sama dengan program beasiswa ini.

“Kami siap membatu calon mahasiswa yang mendaftar di UIT untuk mendaftar KIP Kuliah. Kalaupun sudah ada yang memiliki KIP sebelumnya, tidak perlu lagi mendaftar. Kami ada 1.000 jatah mahasiswa baru untuk program ini,” kata Maryam.

“Jadi segera mi ki’ bergabung. Untuk informasi pendaftaran di UIT bisa melalui laman http://spmb.uit.ac.id sementara untuk pendaftaran KIP Kuliah bisa melalui http://kip-kuliah.kemendikbud.go.id,” imbuhnya.

Sementara Pemkab Wajo, melalui Bupati dan Wakil Bupati Wajo, Amran Mahmud- Amran, S.E., terus mengupayakan pengembangan di sektor pendidikan. Apalagi, kata Amran program tersebut sejalan dengan visi misinya saat pencalonanya di Pilkada lalu.

Salah satunya dari program beasiswa Gerbang Pammase. Program ini menyediakan beasiswa bagi siswa SD dan SMP yang sudah berjalan sejak 2019 lalu. Sementara, untuk SMA dan mahasiswa disiapkan di Bagian Kesejahteraan Masyarakat masing-masing sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Amran berkeinginan dan menekankan tidak ada anak-anak putus sekolah hingga bangku kuliah terkendala masalah biaya.

Amran Mahmud yang didampingi Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Soppeng-Wajo, Muhammad Yusri, Kepala Bagian Kesra, Kepala Bagian Pemerintahan, serta Kepala Bagian Hukum dan HAM menyambut baik kedatangan Rektor UIT dan jajarannya.

Bupati bergelar doktor ini menyampaikan terima kasih atas tawaran program kerja sama dari UIT, khususnya program KIP Kuliah yang menurutnya menjawab impiannya dan cita-citanya selama ini. “Terima kasih banyak Bu Rektor dan Pak Ketua Yayasan. Kedatangan-ta’ semua menjawab mimpi dan apa yang saya usahakan selama ini untuk mencarikan beasiswa bagi anak-anak kami yang ingin melanjutkan ke bangku kuliah, namun terkendala masalah pendanaan,” ucap Amran Mahmud.

Amran Mahmud juga meminta kepada jajarannya untuk segera menindaklanjuti dan menyosialisasikan ke SMA dan sederajat serta masyarakat luas terkait program KIP Kuliah ini. “Kita berharap dari 1.000 jatah UIT, sebagian besar dari anak-anak kita. Saya kira ini adalah peluang yang bagus,” ucap Amran Mahmud.

Amran Mahmud juga berharap agar ke depannya, program-program kegiatan Pemkab Wajo lainnya bisa dikerjasamakan dengan UIT. “Kepala OPD bisa menindaklanjuti MoU dengan perjanjian kerja sama sesuai kebutuhan program kerja masing-masing,” tutur Amran Mahmud.

Penulis : Narwadi

Komentar