oleh

Petugas Lapas Polman Temukan dua Sachet Narkoba di Bawah Timbunan Nasi

POLMAN, Refortase.com – Petugas jaga Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas) Kelas IIB Kabupaten Polewali Mandar ( Polman ) menemukan dua sachet Narkoba.

Menurut Pihakl Lapas Polman, bahwa paket narkoba tersebut rencana diselundupkan masuk ke Lapas untuk salah satu Napi. Hanya saja, Pembawa Makanan untuk Napi tersebut berhasil kabur setelah menitipkan barang itu. Sementara Napi yang ada di dalam lapas juga tidak ada yang mengakui sebagai titipanya.

Kepala Lapas Kelas IIB Polman Abdul Waris mengatakan, siang tadi sekitar pukul 11.00 wita petugas Lapas berhasil menggagalkan 2 Sachet yang diduga berisi narkoba yang beratnya sekira 2 gram.
Barang haram tersebut di bawa oleh pengunjung yang diduga keluarga salah satu tahanan narkoba yang hendak membawakan makanan kedalam lapas.

Petugas menemukan barang haram ini dibawa timbunan nasi yang saat itu digeledah oleh petugas. Karena ragu akan ketahuan bahwa ada Narkoba dalam timbunan nasi, maka pengantar makanan ini pun langsung kabur. Bahkan tahanan yang akan menerima pesanan ini juga tidak mengakui kalau pesan barang dari luar.

Napi yang rencananya menerima barang ini, lanjut Waris, atas nama MF,salah satu tahanan Narkoba yang belum setahun menjalani hukuman.

” MF tidak mengakui kalau dirinya pesan barang dari luar sehingga petugas belum mengetahui barang tersebut asalnya dari mana.,”ujar Abdul Waris yang di temui Rabu 3 Februari, siang tadi.

Gagalnya penyelundupan narkoba ini berkat kerja dari pada petugas yang sangat ketat memeriksa barang yang dibawa oleh pengunjung. Sebelum masuk ke Lapas, maka semua barang bawaan pengunjung itu diperiksa secara manual.

”Kalau makanan berupa nasi itu akan diaduk mengggunakan sendok, kalau makanan yang berkemasan diperiksa menggunakan alat. Kalau pembawanya itu, selain digeledah maka petugas juga memeriksa menggunakan alat detektor. Jadi tidak ada yang bisa lolos,”jelasnya.

Barang tersebut pun kita sudah diserahkan ke Polres Polman Bagian Satnarkoba untuk di tindak lanjuti. Ia menambahkan, Lapas Kelas II B Polewali dihuni oleh sebanyak 374 narapidana dengan rincian sebanyak 336 narapidana dan 38 tahanan. Dari jumlah tersebut, umumnya didominasi kasus narkoba dengan jumlah 274 kasus.

Komentar