oleh

Pinrang Terima Penghargaan STBM Award 2020

PINRANG, Refortase.com – Bupati Pinrang Irwan Hamid menerima penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM Award) 2020 dari Menteri Kesehatan RI Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Jumat (13/11/2020). Penghargaan ini diterima pada acara STBM Award Tahun 2020 melalui virtual Zoom.

Penghargaan yang diraih Kabupaten Pinrang dalam bidang kesehatan ini yakni Kabupaten/Kota Terbaik pertama STBM Berkelanjutan Kategori Penciptaan Lingkungan Kondusif (Enabling Environment). Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Kesehatan Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto melalui virtual Zoom.

Penganugerahan STBM Award ini merupakan rangkaian dari kegiatan Rakornas STBM ke – 4 dan mengambil momen peringatan hari Kesehatan Nasional tahun 2020.

Bukan tahun ini saja, Tahun lalu, Pemerintah Kabupaten Pinrang juga telah berhasil meraih penghargaan yang sama (STBM Award 2019). Berkat raihan itu, Pemerintah Kabupaten Pinrang dijadikan percontohan nasional bersama Kabupaten Sumbawa Barat dan Kabupaten Preng Sewu terkait pencapaian ‘Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) atau Open Defecation Free (ODF) menuju sanitasi aman.

Hadir mendampingi Bupati Sekda Pinrang Andi Budaya, Kadis Kesehatan Pinrang dr Dyah Puspita Dewi, Kadis PMPTSP Andi Mirani, Kadisperindag Andi Hartono Mekka dan Direktur RSUD Lasinrang Pinrang dr Moh. Inwan Ahsan.

Pada kesempatan yang sama, Abdul Salam dari desa Tasiwalie Kecamatan Suppa menerima penghargaan Natural Leader Terbaik, Kepala desa Patobong, H. Muslimin Malli sebagai Kepala Desa/Lurah Terbaik Kabupaten/Kota SBS/ODF dan Sanitarian terbaik dari Puskesmas Mattombong Hj. Hasnah SKM. Ketiga penghargaan ini diperoleh berkat upayanya untuk merubah perilaku masyarakat yang higienis dan saniter melalui pendekatan STBM tahun 2020.

Irwan Hamid mengungkapkan rasa syukurnya atas penghargaan ini. Irwan Hamid berpesan dengan penghargaan ini dapat menjadi pemicu untuk berbuat yang lebih baik lagi untuk masyarakat Pinrang khususnya untuk mewujudkan masyarakat yang lebih sehat.

Irwan Hamid juga mengajak masyarakat Pinrang untuk menerapkan perilaku hidup sehat dan bersih. Dengan kualitas hidup yang sehat, juga dapat menopang tercapainya hidup yang lebih berkualitas dan sejahtera.(*/)

Komentar