oleh

Pol PP Bakal Tindak Bangunan Tak Sesuai Ijin

WAJO, Refortase.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Wajo bakal menindak bangunan permanen yang melanggar Ijin.

Salah satunya, gedung bertingkat 5, yang berada di Jalan Pahlawan, Kota Sengkang, Kecamatan Tempe, Wajo. Bangunan tersebut di infokan melanggar Ijin. Dimana ijin bangunan yang berdiri koko itu diketahui hanya 3 lantai. Namun, kenyataanya bangunan tersebut sudah menjadi 5 lantai.

Kasatpol PP dan Damkar Wajo,  Andi Junaedi Hafid yang dihubungi awak media kemarin Jumat 30 Oktober 2020 mengatakan kalau pihaknya dalam hal ini sebagai penegakan perda dari Pemkab Wajo akan menindak lanjuti hal hal yang berkaitan dan yang menyalahi aturan dan perda Wajo. 

Dan berkaitan dengan adanya dugaan salah satu bangunan bertingkat yang diindikasi tidak sesuai prosedur aturan dan perda tentu pihaknya kedepan akan melakukan tindakan tegas dan mengambil sikap untuk penegakan perda Pemkab Wajo. 

“Iye ndi terima kasih infonya, Insya Allah akan dikordinasikan dengan Instansi tekhnis untuk langkah langkah selanjutnya”. Tegasnya

Dan setelah kami koordiansikan dengan instansi terkait dan memang ada aturan atau perda yang dilanggar oleh pemilik atau owner dari bangunan tersebut dalam hal bangunan dari segi aturan ijin atau IMBnya,  tentu pihaknya akan mengambil langkah dan sikap dalam penegakan perda dan mengambil tindakan sesuai aturan dan prosedur.Tambah Andi Junaedi mantan Kadushub Wajo ini

Seperti diketahui sebelumnya pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Wajo mendesak kepada pemilik atau owner dari bangunan gedung bertingkat lantai 5, yang berada di Jalan Pahlawan, Kota Sengkang, Kecamatan Tempe, Wajo, agar segera merampungkan proses Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Desakan ini diungkap Kepala DPMPTSP Wajo, Andi Bau Manussa. “Bangunan ini izinnya harus segera dirampungkan, karena secara aturan itu jelas dalam membangun gedung harus kantongi dulu izin atau IMB yang harus sesuai dengan peruntukan dan perizinannya,” ungkap Andi Bau.

Tidak hanya bangunan di Jalan Pahlawan itu, DPMPTSP bersama Dinas PUPR dan Satpol PP akan turun melakukan operasi penertiban bangunan untuk penegakan Perda di Wajo.

“Operasi ini rencana akan dilakukan bulan Oktober atau paling lambat akhir tahun 2020 direalisasikan,” beber Andi Bau.

Seperti diketahui salah satu gedung yang dibangun berlantai 5, sementara Izin Mendirikan Bangunan (IMB) disebutkan hanya 3 lantai. Dari penelusuran, bangunan di Jalan Andi Lantara, tepat di depan SPBU Pahlawan itu direncanakan menjadi hotel atau penginapan.

Kepala Bidang Tata Ruang dan Pertanahan Dinas PUPR Wajo, Andi Yusri yang dihubungi terpisah mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Wajo, terkait perizinan pembangunan gedung dimaksud. “DPMPTSP menyatakan kalau izin IMB bangunan itu memang hanya untuk 3 lantai, dan saat ini dibangun sampai 5 lantai,” kata Andi Yusri.

Penulis : Arw
Editor : Adhy

Komentar