oleh

Prabowo Bertemu Dubes India Bahas Kerja Sama Pertahanan-Stabilitas Kawasan

Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menerima Duta besar (Dubes) India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat di kantornya. Pertemuan membahas kerja sama pertahanan.

“Dubes India menyampaikan keinginan India untuk meningkatkan kerja sama pertahanan dengan Indonesia khususnya di bidang pelatihan dan pendidikan, yakni melalui pertukaran siswa dan pengajar,” ujar Kapuskom Publik Kemhan Brigjen Totok Sugiarto dalam keterangan persnya, Rabu (13/11/2019).

Pertemuan Prabowo dan Pradeep berlangsung di Gedung Jenderal Soedirman, Kemhan, Jakarta Pusat. Totok menyebut pertemuan itu untuk meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan yang sudah terjalin lama.

“Dalam pertemuan singkat ini, kedua pihak membicarakan berbagai upaya untuk mempererat dan meningkatkan hubungan kerja sama bilateral antara Indonesia dan India khususnya di bidang pertahanan yang sudah terjalin baik selama ini,” kata Totok.

Totok mengatakan Dubes Pradeep berharap kerja sama Indonesia-India di bidang maritim dapat ditingkatkan. Kerja sama tersebut diharapkan dapat mewujudkan stabilitas keamanan di kawasan Indo-Pasifik.

“Kerja sama di bidang maritim juga perlu ditingkatkan karena memiliki peluang yang sangat besar untuk mendukung dan memperbesar peran kedua negara dalam mewujudkan stabilitas keamanan di kawasan khususnya Indo-Pasifik,” tuturnya.

Prabowo, kata Totok menyambut baik harapan Dubes India tersebut. Saat ini Indonesia tengah berupaya untuk memperkuat jati diri sebagai negara maritim.

“Terlebih melalui gagasan poros maritim dunia, saat ini Pemerintah Indonesia juga sedang berupaya untuk memperkuat jati diri sebagai negara maritim,” jelasnya.

Totok menyebut keduanya juga membahas pertukaran prajurit untuk belajar di bidang pertahanan. Pada tahun ini kedua negara saling mengirim prajurit untuk mengikuti pendidikan pertahanan.

“Kedua negara telah melakukan kerja sama pertukaran siswa untuk mengikuti beberapa program pendidikan. Sampai dengan tahun 2019, tercatat sebanyak 368 Prajurit TNI mengikuti pendidikan di India dan sebaliknya 50 Prajurit India mengikuti pendidikan di Indonesia,” kata dia.

Saat menerima Dubes Pradeep, Prabowo didampingi oleh Dirjen Kuathan Kemhan, Meyjen TNI Ida Bagus Purwalaksana, Kabaranahan Kemhan Meyjen TNI Budi Prijono. Sementara itu, Dubes India didampingi Atase Pertahanan India di Jakarta.

Sebelumnya Prabowo juga menerima kunjungan Dubes Malaysia, dan Deputy Director of FSMTC Chairman of The Russian Party of the Commission, Mr Michael Petukhor.

Komentar