oleh

Putra-putri Wakil Wajo Wakili Sulsel ke Apresiasi Duta Genre Tingkat Nasional

WAJO – Kabupaten Wajo melalui putra-putri terbaiknya, Andi Ahsan Ashuri dan Putri Kumalasari Sultan, berhasil meraih juara untuk masing-masing kategori putra dan putri pada ajang Apresiasi Duta Genre Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) 2022.

Ajang tahunan ini digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Perwakilan Sulsel di Hotel Phinisi, Kota Makassar, sejak Jumat (13/5/2022) hingga Minggu (15/5/2022). Adapun pengumuman pemenang pada grand final berlangsung
Sabtu malam (14/5/2022).

“Alhamdulillah, dari dua kategori, Duta Genre Kabupaten Wajo berhasil meraih juara satu untuk keduanya. Ini mengulang sejarah tahun 2017 lalu yang juga Duta Genre Wajo meraih juara satu untuk kedua kategorinya,” kata Ernashari Akil, Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Dinas Sosial P2KBP3A Wajo, yang mendampingi Duta Genre Wajo pada ajang ini.

Ernawati mengatakan pemilihan Duta Genre ini dilakukan tiap tahun mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional. Untuk tingkat Kabupaten Wajo sudah dilakukan pada Mei 2021 lalu dari Pusat Informasi dan Konseling yang ada di Wajo. Mereka yang terpilih kemudian mewakili Wajo pada ajang tahun ini.

“Jika tidak ada aral melintang, insyaallah kedua Duta Genre Wajo kita ini akan mewakili sekaligus sebagai Duta Genre Sulawesi Selatan pada ajang tingkat nasional yang rencananya akan digelar beberapa waktu ke depan sebagai rangkaian Hari Keluarga Nasional,” ucap Ernashari.

Dikonfirmasi terpisah, Bupati Wajo, Amran Mahmud, yang mengetahui informasi tersebut menyampaikan ungkapan kegembiraannya. “Kita bersyukur putra-putri kita bisa meraih juara pada kompetisi tingkat Provinsi Sulsel yang nantinya akan lanjut ke tingkat nasional. Mari kita dukung dan doakan agar bisa mengharumkan nama Kabupaten Wajo dengan keluar sebagai juara Duta Genre Nasional,” ucapnya.

Amran Mahmud juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas fasilitasi dan pembinaan dari Dinas Sosial P2KB3A Wajo serta pihak lainnya yang telah membantu, khususnya kepada duta genre yang telah memberikan penampilan terbaik.

“Saya harap untuk ajang tingkat nasional yang akan datang agar lebih dipersiapkan mulai dari sekarang. Silakan lebih disempurnakan jika ada yang dianggap kurang pada penampilan sebelumnya, yang sudah bagus agar dipertahankan atau bahkan ditingkatkan,” harapnya.

Amran Mahmud menuturkan bahwa meskipun juara ini bukanlah tujuan utama, tetapi setidaknya ini akan menjadi penyemangat, baik bagi Dinas Sosial P2KBP3A, para Duta Genre, maupun pihak-pihak lain yang bergerak dalam bidang yang sama untuk terus menyosialisasikan pembinaan keluarga, kesehatan remaja, program BKKBN, pencegahan stunting, dan lainnya.

Diketahui, ajang Apresiasi Duta Genre Tingkat Provinsi Sulsel 2022, Duta Genre Wajo kategori putra, Andi Ahsan Ashuri, dari SMAN 11 Wajo keluar sebagai juara. Selanjutnya, peringkat kedua, ketiga, dan keempat berturut-turut ditempati Duta Genre Kabupaten Gowa, Kota Parepare, dan Kabupaten Luwu Timur.

Lalu, untuk kategori putri, Duta Genre Wajo, Putri Kumalasari Sultan, yang saat ini sudah menjadi mahasisi UINAM sebagai juara dengan Kabupaten Barru sebagai peringkat kedua, Kabupaten Enrekang peringkat ketiga, dan Kabupaten Maros peringkat keempat. (*)

Editor: A2W

Komentar