oleh

Sidrap Terima Bantuan Mobil Perpustakaan Keliling Dari Perpusnas

SIDRAP, Refortase.com – Pemerintah Kabupaten Sidenreng Rappang mendapat bantuan satu unit mobil perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia.

Penyerahan dilakukan secara simbolis dalam Forum Perangkat Daerah Dinas Perpustakaan Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (8/4/2021). Selain Sidrap, bantuan juga diterima Kabupaten Jeneponto, Takalar dan Barru.

Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando, menyerahkan bantuan kepada Asisten Administrasi Pemprov Sulsel, Tautoto Tana Ranggina, yang diteruskan ke kabupaten penerima.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Sidrap, Hj. Wahida Alwi, menyampaikan apresiasi kepada pemerintah pusat saat menerima bantuan tersebut. “Pemerintah Kabupaten Sidrap menyampaikan terima kasih, ini wujud komitmen pemerintah pusat dalam mencerdaskan bangsa,” ujarnya.

Ditambahkannya, adanya mobil itu akan meningkatkan kinerja layanan Perpustakaan Sidrap. “Mudah-mudahan meningkatkan minat baca, meningkatkan SDM dan mencerdaskan masyarakat,” imbuhnya.

Forum Perangkat Daerah Dinas Perpustakaan Kabupaten/Kota se-Provinsi Sulawesi Selatan, 8-9 April 2020. Dalam kesempatan itu, Muhammad Syarif Bando menyampaikan, tahun 2021 Perpusnas fokus mengidentifikasi kondisi literasi di Indonesia menjadi hulu dan hilir.

Ia menilai, rendahnya budaya baca masyarakat yang berdampak pada indeks literasi yang rendah merupakan kondisi di hilir. Dan ini, sambungnya, merupakan fakta yang ada.

“Selama hampir 76 tahun Indonesia merdeka, pembahasan soal kondisi di hilir masih terus berlangsung. Padahal seharusnya kendala yang ada di hulu harus diperbaiki bersama seluruh pemangku kepentingan,” lontarnya.

Komentar