oleh

Temu PIK-R se Sulsel, Bupati Indah Ingatkan Stop Pernikahan Dini

Luwu Utara, Refortase.com — Ribuan siswa/siswi SMA dan SMP mengikuti Kemah Bakti Saka Kencana dan Temu PIK Remaja IV se-Sulawesi Selatan yang dipusatkan di Lapangan Desa Baloli, Kecamatan Masamba, Senin (14/10).

Giat tersebut menurut orang nomor satu di Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menjadi penanda bahwa perhatian Pemerintah cukup besar terhadap program kependudukan, kelurga berencana, dan pembangunan keluarga dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan memajukan pembangunan di berbagai sektor.

“Jumlah penduduk remaja adalah jumlah yang paling besar. Kita berharap adik-adik remaja yang mewarnai jumlah penduduk paling besar tentunya juga akan mewarnai kualitas kehidupan berbangsa dan bernegara; yang menempatkan dirinya sebagai subjek pembangunan,” kata Bupati Indah saat memberikan sambutan.

Selain ajang menempa keahlian kesakakencanaan, Indah berharap dari giat ini tidak hanya sukses penyelenggaraan tapi juga mampu membentuk karakter para remaja.

“Menjadikan kita sebagai manusia yang mempunyai karakter, berintegritas, bertanggungjawab akan kehidupan, juga generasi muda yang mampu merebut bonus demografi dan mewujudkan keluarga bahagia, sejahtera, dan berkualitas khususnya menyambut Indonesia emas 2045,” tutur Indah Putri Indriani.

Tidak kalah penting, Indah menegaskan kepada para remaja agar tidak berkontribusi pada angka pernikahan dini.

“Minimal 21 tahun bagi perempuan dan 25 tahun bagi laki-laki, mengingat pernikahan dini menjadi satu sebab penyumbang angka stunting. Kita bersyukur sebab Luwu Utara salah satu yang terendah dari kasus stunting,” terang Indah yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Luwu Utara.

Diketahui giat akan berlangsung hingga 18 Oktober 2019, pada pembukaan giat tersebut hadir juga Forkopimda, para asisten dan pimpinan SKPD.

Editor : Adhy
Sumber : Kominfo Luwtra

Komentar