oleh

Tes Wawancara Cakades Hadapi 5 Tim Penguji

SENGKANG, REFORTASE.com – Sedikitnya 88 bakal Calon Kepala Desa (Cakades) mengikuti tes wawancara, dalam rangkaian tahapan pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Wajo, Kamis 29 April 2021, di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo.

88 orang ini, berasal dari 14 desa di 13 kecamatan yang akan menggelar pemilihan kepala desa secara serentak pada tanggal 25 Mei 2021.

Dalam tes wawancara, bakal Cakades ini, diuji oleh 5 orang penguji yaitu, Kepala Bapelitbanda, Andi Pallawarukka, Asisten I, Andi Ismirar Sentosa, Kepala Inspektorat, Saktiar, Rektor Universitas Prima, Prof Imran, dan ketua Prodi STIH Lamaddukkelleng Sengkang, Dr Bau Mallarangeng.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Wajo, Dra Hj. Andi Liliyanna MM, yang didampingi Kabid pemerintahan desa Saiful MD, mengatakan, tes wawancara yang dilaksanakan hari ini, adalah rangkaian dari tes tertulis yang sudah dilaksanakan sebelumnya di SMA Negeri 3 Sengkang, yang diikuti oleh 366 orang.

Dikatakan, sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) No 1 tahun 2015 tentang Tata cara pemilihan pengangkatan masa jabatan dan pemberhentian kepala desa, batas maksimal Cakades adalah 5 orang dalam 1 desa.

Sehingga, lanjut Liliyanna, bagi desa yang calonnya lebih dari 5 orang diadakan seleksi secara tertulis dan tes wawancara untuk menyeleksi 5 orang, dan selanjutnya akan ditetapkan dan mengikuti pemilihan.

“Sesuai dengan Perda No 1 tahun 2015, desa yang calonnya lebih dari lima orang akan diseleksi melalui tes tertulis dan wawancara,” ujarnya.

Rencananya, tes wawancara ini akan dilaksanakan selama 3 hari, tapi apabila penguji dapat merampungkan hari ini, maka pelaksanaannya hanya 1 hari saja.

Pelaksanaan tes tertulis dan tes wawancara ini dipantau langsung oleh lembaga Pelita Hukum Independent (PHI) Kabupaten Wajo, sebagai pemantau Independent yang bekerja sama dengan dinas PMD Kabupaten Wajo. (Red)

Editor: NRW

Komentar