oleh

Tiga WBP Rutan Pinrang Dapat Remisi Bebas

PINRANG, Refortase.com – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi selatan melalui Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pinrang memberikan remisi Idul Fitri terhadap 129 warga binaanya.

Dari jumlah ratusan tersebut, Tiga orang diantaranya mendapat remisi langsung Bebas. Hal itu terlihat setelah Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIb Pinrang, Wahyu Trah Utomo menyerahkan secara simbolis remisi khusus Idul Fitri 2022, Senin (2/5) kemarin.

Dalam rincianya, 129 warga binaan itu antara lain 28 orang mendapatkan 15 hari, 91 orang dapat satu bulan, 9 orang peroleh satu bulan 15 hari dan satu orang dapat dua bulan. “Ada tiga WBP ini langsung bebas hari ini.” jelasnya.

Lanjutnya, remisi khusus Idul Fitri yang diberikan ke Warga Binaan harus memenuhi syarat secara administratif dan substantif.

“Syarat adminisitratif yang harus dipenuhi seperti lengkap petikan putusan dan BA17, bebas dari register F (pelanggaran), mengikuti pembinaan secara baik dibuktikan dengan laporan SPPN, dan Surat Keterangan Daftar Perubahan,” ungkap Wahyu, Selasa (3/5).

Sambung dia, syarat substantif yang harus dipenuhi seperti telah menjalani pidana minimal enam bulan, tidak sedang menjalani pidana denda dan cuti menjelang bebas.

Lebih lanjut Wahyu menyampaikan bahwa selain sebagai apresiasi atas perubahan perilaku WBP ke arah positif selama menjalani pidana, remisi juga dimaksudkan untuk mempercepat proses reintegrasi atau upaya membangun kembali kepercayaan, modal sosial, dan kohesi sosial di tengah masyarakat.

Wahyu berharap Warga Binaan yang memperoleh remisi agar senantiasa mengikuti pembinaan dengan baik, menjaga keamanan dan ketertiban selama di Rutan Pinrang.

Penulis : Adhy

Komentar