oleh

Tipu Teman Wanitanya, Pilot Gadungan Asal NTT di Tangkap

BANYUWANGI, Refortase.com – Seorang gadis asal Banyuwangi menjadi korban penipuan dari seorang pilot gadungan asal Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Aksi Pelaku bernama Thofan Purnama (24) itu berakhir saat korban mengadukanya di pihak kepolisian. Selanjutnya pelaku ditangkap polisi di rumah kosnya, di kawasan Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi.

“korban mengecek identitas pelaku di kantor sebuah maskapai penerbangan di Bandara Internasional Banyuwangi. Ternyata tidak ada pilot bernama Thofan Purnama seperti yang dikenal,”ujar Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifudin mengatakan, kasus penipuan tersebut bermula saat tersangka dan korban berkenalan melalui media sosial michat. Dari perkenalan itu, keduanya bertemu di kawasan pertokoan Kecamatan Genteng, Banyuwangi.

“Kepada korban, pelaku mengaku bekerja sebagai pilot di sebuah maskapai. Korban juga diajak ke tempat kos dan ditunjukkan seragam pilot, lengkap dengan id card dan pangkatnya. Dari situ, korban percaya,” katanya, Jumat (22/1/2021).

Tak hanya itu, korban juga dijanjikan untuk dikenalkan dengan orang tuanya di NTB. “Dari sana penipuan terjadi, pelaku meminta uang kepada korban sebesar Rp4,1 juta untuk biaya pulang ke NTT,” katanya.

Namun, hingga waktu yang cukup lama, pelaku menghilang, bahkan tidak bisa dihubungi. “Saat itulah korban mencari hingga menelurusi pelaku ke kantor maskapai. Ternyata tidak ada pilot bernama Thofan Purnama,” ujarnya.

Dari penangkapan ini, polisi mengamankan barang bukti berupa satu stel seragam pilot, terdiri atas baju kemeja putih, jas pilot, celana panjang hitam, pangkat pilot, id card, papan nama dan ikat pinggang warna putih. Polisi akan terus mengembangkan kasus penipuan oleh pilot gadungan tersebut. Sebab, diduga masih ada korban lainnya, yang tertipu dengan modus sama. (*)

Komentar